Selasa, 12 Maret 2013

Sejarah Singkat Rumusan Pancasila


Hallo guys, salam kenal ya, Q baru ni di dunia blogging, jadi masih perlu belajar banyak, kalau ada yang punya saran atau kritik yang dapat membantu, akan Q terima dengan sangat baik.

Untuk posting Q yang pertama, Q mau berbagi seputar pancasila, biar lebih jelasnya, yuk langsung aja kita lihat, check it out..... ^_^


SEJARAH SINGKAT RUMUSAN PANCASILA
Tanggal 1 maret 1945 jepang mengumumkan akan dibentuknya BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dalam bahasa jepang yang disebut Dokuritsu Junbi Choosakai . Badan ini (BPUPKI) dibentuk tanggal 9 april 1945, baru dilantik tanggal 28 mei 1945, baru mulai bekerja tanggal 29 mei 1945. Dengan adanya badan ini, bangsa Indonesia secara legal dapat mempersiapkan diri menyongsong hari kemerdekaan Indonesia.
Mr. Muhammad Yamin 29 mei 1945
Tanggal 29 mei 1945 BPUPKI mengudarakan sidangnya yang pertama. Pada saat ini Mr. Muhammad Yamin mendapat kesempatan yang pertama untuk berpidato didepan sidang Badan Penyelidik dan pada saat itu pula Mr. Muh. Yamin mengemukakan lima asas Dasar Negara Indonesia Merdeka yaitu:
1.     Peri Kebangsaan
2.     Peri  Kemanusiaan
3.     Peri Ketuhanan
4.     Peri kerakyatan
5.     Kesejahteraan Rakyat
Setelah berpidato Mr. Muh. Yamin menyampaikan usul tertulis mengenai rancangan UUD Republik Indonesia. Didalam pembukaan rancangan UUD itu tercantum rumusan asas Dasar Negara sebagai berikut:
1.     Ketuhana Yang Maha Esa
2.     Kebangsaan Persatuan Indonesia
3.     Rasa Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
4.     Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5.     Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


Usul lima  Dasar negara  yang dikemukakan oleh Mr. Muh. Yamin secara lisan dan tertulis terdapat perbedaannya baik rumusan kata-katanya maupun sistematika. Atas dasar isi pidato Mr. Muh. Yamin tersebut, dapat kita yakini bahwa pancasila tidak lahir pada tanggal 1 juni 1945, kecuali istilah pancasila itu.
Ir. Soekarno 1 juni 1945
Tanggal 1 juni 1945 Ir. Soekarno mengucapkan pidatonya dihadapan sidang BPUPKI hari ketiga. Pidato Ir. Soekarno tersebut mengusulkan lima hal untuk Dasar Negara Merdeka yaitu:
1.     Kebangsaan Indonesia
2.     Internasionalisme atau perikemanusiaan
3.     Mufakat dan Demokrasi
4.     Kesejahteraan Sosial
5.     Ketuhanan yang berkebudayaan
Kelima Dasar Negara tersebut diusulkan dan diberi nama Pancaila yang katanya merupakan saran dari seseorang temannya ahli bangsa.
Piagam jakarta 22 juni 1945
Pada  tanggal 22 juni 1945, ada sembilan tokoh Nasional yang juga merupakan tokoh Dokuritsu Junbi Coosakai mengadakan pertemuan untuk membahas pidato sumber serta usul-usul badan mengenai asas Dasar Negara yang telah dikemukakan dalam sidang Badan Penyelidik. Oleh sembilan tokoh disusun sebuah Piagam  yang kemudian terkenal dengan nama “Piagam Jakarta “ yang berbunyi:
1.     Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya.
2.     Kemanusian yang adil dan beradab
3.     Persatuan Indonesia
4.     Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyawaratan perwakilan.
5.     Keadilan sosial bagi rakyat indonesia

Sembilan orang tokoh Nasional yang juga tokoh Dokuritsu Junbi Coosakai tersebut adalah:


1.     Ir. Soekarno
2.     Drs. Moh. Hatta
3.     Mr. A. A. Maramis
4.     Abikoesno Tjokrosoejoso
5.     Abdoelkahar Muzakkir
6.     Haji Agus Salim
7.     Mr. Achmad Soebardjo
8.     KH. Wachid Hasjim
9.     Mr.muh.yamin






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar